Jumat, 02 Desember 2011

TAKSONOMI PEMBELAJARAN KOGNITIF

Anan Abdul Manan*



            Mengungkapkan kata taksonomi, membawa kita pada seorang tokoh terkenal yang merancang dan mengemukakan istilah ini. Bloom adalah orang terkenal  yang menggulirkan istilah taksonomi. Dalam pandangan Bloom, pembelajaran harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu, sehingga peserta didik yang mengharapkan perkembangan pengetahuan, dapat diukur menurut kemampuan-kemampuan khusus berupa kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor.
            Pembelajaran kognitif mengandung enam tingkatan pengetahuan dalam versi Bloom:
1.    Pengetahuan : menyusun, definisi, duplikasi, label, daftar, mengingat, nama, urutan, mengakui, kondisi         mereproduksi. Poin-poin ini setidaknya menunjukan kemahiran siswa dalam ranah pengetahuan mereka.
2.  Pemahaman : mengklasifikasi, menggambarkan, membahas, mengekspresikan, mengidentifikasi dan             lainnya, pada bagian-bagian yang mendorong siswa untuk menguasai bahan ajar, sehingga ia dapat mengurai bahan ajar yang diikutinya dalam persepsinya yang matang.
3.    Aplikasi : menerapkan, memilih, mendemontstrasikan, mendramatisasi dan masih banyak lagi untuk hal-hal yang berkaitan dengan pola penyesuaian ilmu pengetahuan yang dipelajarai dengan perilaku yang ditampilkan.
4.    Analisis : menganalisis, memuji, menghitung, mengategorisasi, dan yang serupa dengan itu, sehingga siswa mampu memberikan suatu kajian yang lebih cermat dan mendalam untuk materi yang dipelajarinya.
5.    Sintesis : menyusun, menyerupai, mengoleksi, menggubah, mengontruksi dan poin-poin lainnya yang           menghadirkan siswa pada situasi diri yang tertata dan terencana dalam menghadapi dan merespon mata pelajaran yang diikutinya.
6.   Evaluasi : menilai, memperdebatkan, menaksir, menyematkan dan hal-hal lainnya pada bagian-bagian          ranah cipta dan karsa yang mendorong peserta didik memahami dirinya sendiri dan ilmu pengetahuan yang dikajinya.**


*)Artikel untuk tugas Manajemen Delivery Method

**) disarikan dan disimpulkan dari buku Teori Pembelajaran dan Pengajaran Karya Mark. K. Smith dkk, terbit 2010, penerbit Mirza Media Pustaka, Jogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar